Cara Membeli Barang Dari Luar Negeri

Beberapa pekan ini nitizen di hebohkan dengan video yang berbedar di jejaring sosial facebook seorang menghancurkan barang yang sudah di beli dari luar negeri di hadapan petugas bea cukai. Pemosting video yang kebetulan juga pemilik dari barang tersebut merasa kesal karena di minta menunjukkan surat SNI dengan biaya pengurusan mencapai Rp. 8 juta. Sementara harga barang sendiri USD ($) 48. Jika menggunakan hitungan $ 1 = Rp.13. 800 maka nilai barang hanya  Rp. 662.400.

Dari kasus ini sebagian dari Anda mungkin akan bertanya apakah membeli barang dari luar negeri tidak kena pajak. Atau pertanyaan lainnya kenapa harus ada SNI dan beberapa pertanyaan lainnya. Kami akan mencoba menjelaskan beberapa point penting sebagai pedoman bagi Anda yang ingin membeli barang dari situs luar negeri seperti Ebay, Amazon dan lainnya.

Sesuai dengan perturan dari pemerintah / Kementerian Keuangan- Perdirjen No. PER-2/BC/2017 membeli barang dari luar negeri dengan nilai total (Harga barang & ongkos kirim) di bawah $100 maka barang tersebut tidak akan di kenai pajak atas impor barang atau yang juga di kenal dengan istilah pembebasan bea masuk atau FOB (free on board). Pembeli barang tidak akan di bebankan biaya tambahan atau biaya pajak atas barang yang di beli. FOB ini hanya berlaku jika barang di ambil langsung ke kantor bea cukai, jika minta untuk di kirim akan di kenakan biaya tambahan pengiriman barang dimana biaya ini di tetapkan oleh Pos Indonesia.

Bagaimana jika nilai atas barang tersebut di atas $100 maka otomatis akan di kenakan pajak. Besaran pajak ini tergantung dari jenis barang apa yang di beli. Ada rumus hitungan dalam penetapan harga barang yang di impor dengan rumus komponen perhitungan terdiri dari bea masuk dan pajak impor. Point penting di sini yang harus di pahami adalah penilaian atas barang dimana pihak yang menilai ini sepenuhnya ada di bea cukai. Jadi simpelnya barang yang sudah di impor setelah masuk ke Indonesia melalui bea cukai barang tersebut akan di nilai atau di hitung berapa total harga atas barang tersebut. Jika nilai atas barang kurang dari atau di bawah $100 maka tidak akan dikenakan biaya bea masuk dan pajak impor.

Contoh kasus Anda membeli barang A dimana harga aslinya adalah $120 kebetulan free shipping atau gratis ongkos kirim.  Anda meminta di dalam nota atas barang tersebut di buat $90 dan di setujui oleh pihak penjual. Setelah masuk ke Indonesia jika melihat dari nota harusnya masuk barang FOB namun karena di nilai oleh pihak bea cukai nilai atas barang tersebut adalah $120 maka barang tersebut akan di kenakan biaya tambahan.

Setelah mengenali biaya atas barang hal penting lainnya adalah aturan terkait jenis barang yang akan di impor. Dalam kasus di atas adalah SNI (Standar Nasional Indonesia). Peraturan ini relatif baru jadi bagi sebagian orang mungkin tidak banyak yang mengetahui.

Dunia mainan bagi Kami bukan hal baru. Sudah lebih dari 5 tahun Kami menjual mainan yang juga di impor dari luar negeri, dengan jenis mainan yaitu remote control. Sebelum tahun 2012 aturan mainan impor tidak mewajibkan harus ada SNI namun kebijakan ini mulai di ubah dengan peraturan Menteri Perindustrian Nomor 24/M-IND/PER/4/2013 bahwa setiap mainan yg di impor harus sudah berlabel SNI. Peraturan ini berlaku untuk siapa saja termasuk perseorangan atau importir.

Namun dari kasus yang viral ini kebijakan atas impor barang dalam hal ini SNI akhirnya di longgarkan oleh pemerintah dengan aturan baru dimana untuk barang impor tidak akan di kenakan SNI dengan jumlah 3 unit jika di beli dari luar negeri dan 5 unit jika barang untuk oleh-oleh dari luar negeri. Aturan ini mulai berlaku sejak 23 Januari 2018. Aturan SNI sendiri sebetulnya juga tidak untuk semua barang mainan ada aturan tertentu untuk barang mainan yang wajib SNI.

Membeli barang dari luar negeri
Setelah memahami berbagai aturan terkait impor barang atau membeli barang dari luar negeri, saatnya Kami memberikan cara berbelanja dari situs luar negeri utuk pembaca blog ini yang kebetulan ingin belanja barang dari berbagai situs luar negeri.

Biasanya membeli barang tertentu di luar negeri alasan utamanya adalah barang tersebut tidak tersedia di Indonesia. Alasan lainnya adalah harga barang tersebut lebih murah dari harga yang ada di Indonesia. Pertanyaannya apakah pasti murah? jawabannya bisa jadi ia. Sebagai contoh barang murah ini adalah hasil dari lelang. Jika kebetulan Anda adalah penawar tertinggi dan tidak ada penawar lainnya bisa di pastikan harga ini adalah harga murah untuk versi Anda.

Langkah pertama silakan cari barang tersebut di mesin pencari. Jika kesulitan bisa langsung mengunjungi situs penjual seperti Ebay, Amazon dan lainnya. Jika sudah menemukan barang yang Anda cari pastikan membaca detail informasi dari barang tersebut mulai dari harga barang dan juga ongkos kirim. Jika bisa sebaiknya cari barang free shipping atau gratis ongkos kirim.

Jika masih kesulitan bisa melakukan pengkategorian atas barang yang ingin di cari dengan menggunakan label dan jenis pengiriman. Untuk pengaturan ini biasanya juga sudah tersedia di situs online seperti Ebay. Jika harga sudah sesuai silakan Anda melakukan proses check out untuk memastikan apakah benar-benar barang tersebut free shipping.

Proses check out nanti akan di arahkan untuk membuat akun di situs tempat membeli barang. Silaka buat akun dengan menggunakan email aktif. Untuk pengisian pada bagian informasi alamat pastikan juga menggunakan alamat yang benar sesuai dengan alamat tempat tinggal serta nomor telepon yang aktif hal ini untuk memudahkan dalam pengiriman barang hingga sampai ke alamat Anda.

Kebanyakan situs dari luar negeri hanya melayani pembayaran dengan menggunakan alat pembayaran internasional yaitu PayPal dan kartu kredit. Harga yang tercantum biasanya juga dengan satuan USD. Jika dengan satuan mata uang lainnya misal Yen tetap akan bisa di beli dengan PayPal atau kartu kredit karena mata uang ini akan mengkonversi otomatis sesuai dengan mata uang yang di cantumkan.

Kami selaku jasa pembayaran paypal dan kartu kredit siap membantu bagi pembaca blog ini yang ingin membeli barang dari luar negeri namun tidak memiliki alat pembayaran internasional. Silakan hubungi kami di salah satu nomor yang sudah tercantum di menu Kontak. Kami akan membantu proses awal dari membeli hingga barang sampai ke tangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *